Sambutan Dekan

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Puji syukur marilah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas berkat, rahmat dan hidayah-Nya, Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), akan menyelenggarakan pendidikan tahun akademik 2020/2021.

 

Sebagai dekan FSIP, saya dengan bangga meluncurkan Buku Pedoman umum ini yang berisi Kurikulum Merdeka Belajar dari empat program studi yang berada dibawah naungan FSIP, yakni program studi S1 Sastra Inggris, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Olahraga dan S1 Pendidikan Matemaika. Saya juga mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru sebagai bagian dari FSIP.

 

Buku Pedoman Umum ini berfungsi sebagai petunjuk dan informasi kepada semua mahasiswa baru  FSIP tahun 2020. Buku ini berisi 7 (tujuh) bab yang terdiri dari Profil Universitas Teknokrat Indonesia, Sarana dan Prasarana, Program Pendidikan, Penyelenggaraan Pendidikan, Evaluasi Hasil Belajar, Kurikulum Program Studi dan Program Merdeka Belajar. Masing-masing bab dalam buku ini menjelaskan secara detail tentang penyelenggaraan pendidikan di FSIP. Menariknya, tahun ini, buku pedoman umum ini berisi Program Merdeka Belajar. Program ini merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan yang bertujuan untuk memotivasi seluruh mahasiswa program studi di FSIP agar dapat memperoleh ilmu tidak hanya dari program studinya saja, tetapi ilmu yang berasal dari lintas program studi yang ada di UTI maupun lintas perguruan tinggi. Harapannya yakni mahasiswa dapat memiliki wawasan yang luas terkait dengan ilmu pengetahuan yang nantinya meningkatkan daya saing di dunia kerja.

Mahasiswa FSIP diharapkan berilmu, berpengetahuan dan berakhlak mulia. Oleh karena itu, mahasiswa senantiasa dibekali dengan ilmu pengetahuan yang terkini dan nilai-nilai spiritual yang tercermin dalam kurikulum program studi dan dikembangkan melalui capaian pembelajaran lulusan. Dalam praktiknya, seluruh mata kuliah yang ada di masing-masing program studi memiliki unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus. Hal ini merupakan upaya fakultas dalam mencetak lulusan yang berkompeten, berdaya saing dan berakhlak mulia.

 

Semoga buku Pedoman Umum Penyelenggaraaan Pendidikan ini dapat digunakan sebagai media pengenalan fakultas dan program studi masing-masing. Selain itu, mahasiswa baru dapat mengikuti proses pembelajaran di masing-masing program studi dan mencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.

 
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
 

Dekan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan,

Akhyar Rido, S.S., M.A., Ph.D.